Archives

Pesugihan Putih Kakang Kawah Adi Ari-Ari

Pesugihan Putih Kakang Kawah Adi Ari-ari wedarannya sebagai berikut Kakang Kawah dan adhi ari-ari ini dalam ilmu kasepuhan bisa didaya gunakan dalam membantu permasalahan hidup,karena mereka ada dalam diri kita masing-masing maka jika saudaranya meminta bantuan tentunya mereka akan membantu apa yang menjadi keinginan saudaranya.
Ada pula yang menyebut Qorin/Khodam Pendamping/Perewangan Urip/Pamomong Raga/dsb,namun yang perlu diketahui Kakang Kawah Adhi Ari-ari adalah saudara/pendamping ghaib anugerah Ilahi yang sudah diberikan pada kita guna mendampingi, menjaga, melantari permohonan / permintaan kita pada Sang Hyang Maha Kuasa agar segera terwujud.

Dengan Kunci Ilmu tertentu saudara ghaib ini bisa mampu membantu menyelesaikan permasalahan hidup baik urusan jodoh,rezeki,cinta asmara,keselamatan,bahkan sampai urusan kekayaan/membantu melunasi hutang yang menumpuk agar terselesaikan.Jarang seseorang di zaman modern ini mengetahui/memiliki keilmuan dalam membangkitkan potensi saudara ghaib anugerah Allah SWT tersebut.

Pesugihan Sedang Jumprit

Jumprit boleh dikatakan sebagai bagian dari sejarah runtuhnya Majapahit. Karena dari catatan yang ada nama Jumprit sendiri merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keberadaan salah satu penasehat Bre Kertabumi ( Raja Majapahit yang terakhir ) yaitu Pangeran Singonegoro.
Alkisah waktu itu, Kerajaan Islam Demak yang diperintah oleh Raden Patah terus melakukan perluasan daerah termasuk ke dalam wilayah Kerajaan Majapahit.. Ada yang tunduk dan ada yang tidak tunduk terhadap kepemimpinan baru di bawah Raden Patah. Salah satunya adalah Pangeran Singonegoro yang tidak tunduk, sehingga beliau akhirnya mengasingkan diri ke dataran tinggi di daerah Tegalrejo Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Bersama dengan Pangeran Singonegoro waktu itu adalah istrinya dan kedua pengawalnya yaitu Mahesa Aduk dan Endong Wulung serta seekor kera putih yang bernama ki Dipo. Kemudian Pangeran Singonegoro bertapa dan menyebarkan ajaran agama Hindu disekitar daerah Tegalrejo bersama istrinya sampai dengan akhir hayatnya. Setelah Pangeran Singonegoro meninggal sang kera putih ( Ki Dipo ) tetap menjaga makam beserta keturunannya sampai sekarang. Sedangkan kedua pengawalnya Mahesa Aduk dan Endong ukung turun gunung dan akhirnya mendirikan Candi Pringapus yang lokasinya tidak jauh dari makam Pangeran Singonegoro dan bermukim disitu sampai akhir hayatnya.

Pesugihan Wewe Gombel

Wewe Gombel adalah sebuah istilah dalam tradisi Jawa yang berarti roh jahat atau hantu yang mirip manusia, sangat mengerikan dengan taring, baju compang-camping dan rambut serta kuku panjang tidak terawat. Biasanya wewe gombel (gombel istilah dari baju yang sangat jelek), melakukan aksinya pada saat menjelang Maghrib. Orang yang diculik wewe gombel tidak tahu, karena wewe gombel merubah dirinya menjadi saudara atau kakak, adik, orang tua dan siapa saja yang dikenal si korban. Wewe Gombel suka menculik anak-anak, tapi tidak mencelakainya. Konon anak yang dicuri biasanya anak-anak yang ditelantarkan dan diabaikan oleh orang tuanya. Wewe Gombel akan mengajak korban jalan-jalan, kemudian ditempatkan di tempat tinggalnya,bisa di selokan, pinggir sungai, makam, pohon-pohon yang rimbun dan sebagainya. Wewe Gombel biasanya akan menakut-nakuti orang tua si anak atas sikap dan perlakuannya kepada anaknya sampai mereka sadar. bila mereka telah sadar, Wewe Gombel akan mengembalikan anaknya.Bagi masyarakat yang ada di pedesaan, hantu Wewe Gombel tidak asing lagi,bahkan konon jika popok bayi dari anak Wewe Gombel bisa dipakai sebagai sarana Pesugihan.Makanya itu dikenal dengan nama Popok Wewe. Ada suatu cerita jika Wewe menjemur pakaian anaknya itu pada waktu menjelang maghrib,maka tak heran kadang Wewe sewaktu menjemur pakaian terlihat oleh manusia(kamanungsan) jika orang itu paham bahwa itu sesosok Wewe Gombel maka sebenarnya keberuntungan orang itu sendiri,jika berani mencuri salah satu Pakaian/Popok Wewe tersebut.

Pesugihan Bulus Jimbung

Desa Wisata ini adalah sebagai salah satu desa di Kabupaten Klaten yang memiliki banyak potensi wisata pedesaan yang cukup layak untuk dikunjungi dan dinikmati.
Siapa mau menikmati eksotisnya alam pedesaan di Kabupaten Klaten, ungkapan vulgar untuk menyampaikan betapa desa wisata di Kabupaten Klaten telah siap di kunjungi dan dinikmati oleh wisatawan.Salah satunya adalah Desa Wisata Jimbung yang terletak di sebelah selatan kota Klaten kurang lebih 6 km,tepatnya Di Desa Jimbung,Kecamatan Kalikotes,selama ini Desa Wisata Jimbung dikenal sebagai Desa yang memiliki daya tarik spiritual utamanya pada hari raya Syawalan atau hari raya sesudah bulan puasa berakhir yaitu tepatnya H +7.

Desa Wisata ini adalah sebagai salah satu desa di Kabupaten Klaten yang memiliki banyak potensi wisata pedesaan yang cukup layak untuk dikunjungi dan dinikmati,tidak untuk mencari kekayaan semata,namun juga pesona wisata desanya. Sebagai obyek wisata alternatif Anda dapat menyaksikan kehidupan suasana alam pedesaan, obyek wisata yang menyejukkan dan wisatawan dapat menghayati pola kehidupan masyarakat ala pedesaan yang aman,tentram,damai,jauh dari segala kesibukan kota besar yang populatif,di sini wisatawan juga dapat mempelajari kondisi psiko sosial masyarakat Jawa yang sarat akan nilai-nilai luhur budaya Jawa,ramah tamah,gotong royong,saling menolong,ulet,sabar dan hidup harmonis dengan alam sekitarnya.

Pesugihan Putih Balung Sugih

Pesugihan Putih Balung Sugih
Pesugihan Putih Balung Sugih merupakan Rahasia Pesugihan Putih/Tanpa Tumbal dari negeri China.  Pesugihan Putih Balung Sugih adalah Ilmu Tiongkok Kuno yang sudah terbukti berAbad-abad lamanya, keberadaan ilmu ini hanya diketahui oleh kalangan tertentu saja. Pesugihan Putih Balung Sugih yakni suatu ikhtiyar spiritual untuk merubah nasib, meraih kesuksesan dan kemakmuran dalam berupaya untuk kelancaraan Kerezekian.
Percaya atau tidak berat tulang bisa menjadi petunjuk untuk mengetahui perjalanan nasib seseorang. Makin berat tulang Anda, hoki Anda pun makin besar. Namun sebaliknya jika ukuran tulang Anda makin ringan banyak sekali halangan hidup. Rahasia ramalan cina kuno untuk Mengukur Hoki dari Berat Tulang yang keakuratannya sudah TERBUKTI benar-benar nyata! Untuk mengetahui berat tulang dan hoki anda itu dihitung dengan perhitungan "Ngo Heng Pe Ji"

Pesugihan Nikah Jin

Pesugihan Nikah Jin adalah pesugihan menikahi sesosok bangsa jin dengan perjanjian tertentu. Sosok kuntilanak digambarkan dalam bentuk wanita cantik. Kuntilanak digambarkan senang meneror penduduk kampung untuk menuntut balas. Kuntilanak sewaktu muncul selalu diiringi harum bunga kemboja/melati. Konon laki-laki yang tidak berhati-hati bisa dibunuh sesudah kuntilanak berubah wujud menjadi penghisap darah. Kuntilanak dikatakan sering menjelma sebagai wanita cantik yang berjalan seorang diri dijalan yang sunyi. Oleh karena itu, cerita ini kemungkinan bertujuan menghindari golongan wanita daripada diganggu oleh pemuda-pemuda yang takut akan Kuntilanak ketika berjalan seorang diri di jalan yang sunyi.

Pesugihan Kawin Ghaib

Banyak sekali jenis pesugihan namun pesugihan yang satu ini sangatlah unik,yakni pesugihan dengan mendatangkan perempuan ghaib untuk diajak kencan dan bercinta. Hampir seperti layaknya Gigolo yang mendapat bayaran dari Tante-tante Girang sehabis usai memuaskan hasratnya. Pesugihan ini si pelaku menyiapkan sesaji berupa jajanan pasar,jenang merah putih,buhur maghrobi dan menyan hitam/menyan candu,minyak sekar setaman dan minyak ajaibul jin. Dengan menyiapkan sesaji itu pelaku merapalkan mantra Kasugihan Senggomo mantranya:

"Salam bumi,,,indopesugihan,,,salam langit,,,indopesugihan,,,sing tak salami jin indopesugihan kang ayu rupane,,,,indopesugihan,,,roro ayu wadon siluman indopesugihan,,,soko wetan teko-o mrene,,,indopesugihan,,,roro ayu wadon siluman indopesugihan,,,soko kulon teko-o mrene,,,indopesugihan,,,roro ayu wadon siluman indopesugihan,,,soko lor teko-o mrene,,,indopesugihan,,,roro ayu wadon siluman indopesugihan,,,soko kidul teko-o mrene,,,,indopesugihan,,, aku si joko smoro kang matek indopesugihan,,,celuk-celuk indopesugihan,,, angawe awe indopesugihan,,,mbuko indopesugihan,,,rasa asmaramu,dsb".

Menguak Misteri Jenis Pesugihan

Posting kali ini ada berbagi informasi cerita tentang berbagai pengetahuan seputar pesugihan dari yang tidak beresiko hingga yang beresiko paling fatal. Artikel ini saya ambil dari berbagai sumber dan saya postingkan yang tentunya saya ralat sedikit,hal tersebut sebelum saya postingkan terlebih dahulu saya tanyakkan pada ahlinya yaitu saya konsulkan dengan Ki Tjakra Djajaningrat. Pesugihan ini semuanya yang terdapat di tanah jawa dan sudah bukan rahasia umum lagi,jika pesugihan di bawah ini pada saat-saat perekonomian negara lagi terpuruk dan korupsi makin menggila,tentunya orang pada pengen ambil jalan pintas sampai-sampai gelap mata memburu hal-hal pesugihan. Menguak Misteri Jenis Pesugihan hanya beberapa contoh jenis pesugihan saja, sebenarnya ada ratusan macam, bila anda ingin mengetahui keilmuan, tatacara ritual, uborambe dan tempatnya hingga rahasianya bagaimana terkait dengan pesugihan, semua jawaban bisa anda miliki Primbon Pesugihan maha karya dewan spiritual kami.

Menguak Misteri Jaelangkung


Anda pasti tahu dengan permain "jaelangkung"
Jelangkung merupakan permainan boneka kayu yang sarat akan kekuatan ghaib dimana para pemainnya memanggil atau mengundang roh atau hantu untuk datang. jaelangkung merupakan sebuah permainan warisan nenek moyang kita dulu dimana pertama kali jaelangkung merupakan permainan yang dahulu sangat digemari oleh orang-orang dulu karena sarat akan kekuatan ghaib nya. Biasanya permainan ini dilakukan oleh empat 3 orang' yaitu orang yang memangku/menggendong boneka jelangkung, yang membaca mantra, dan orang yang mempersiapkan alat tulis. Permainan ini kebanyakan dilakukan di tempat yang angker dan pada waktu malam hari, biasanya antara jam 10 malam ke atas. Permainan jaelangkung ini sangat berbahaya bagi orang awam dan tidak mengerti akan alam ghaib, karena biasanya orang yang memainkan permainan ini akan terkena imbas dari permainannya ini, biasanya orang yang bermain jelangkung akan kemasukan oleh hantu-hantu jelangkung tadi alias "Kesurupan" bahkan sampai diteror oleh hantu-hantu jelangkung tersebut, maka kami menghimbau bagi orang yang suka bermain dengan permainan ini tapi yang awam akan dunia ghaib, dan hanya untuk menghilangkan rasa penasaran, saya sarankan lebih baik jangan!, karena sangat berbahaya bagi anda sendiri.Mantra dibawah sengaja saya postingkan namun ada yang tidak saya potong karena bisa-bisa mantra kuno ini dapat menjadi bumerang!buat tambah-tambah wawasan mistik bagi teman-teman sajalah.

Misteri Pesugihan Kera Pulau Seprapat

Cara orang menjadi kaya tidak ubahnya pepatah “Banyak Bayak jalan menuju Roma”. Mulai dari mengandalkan akal pikiran serta logika, sampai cara pintas
yang hanya mengandalkan nafsu keduniawian semata. Yakni, dengan mendatangkan kekayaan lewat tempat pesugihan. Satu lagi, tempat pesugihan mujarab yang saat ini masih sering didatangi pelaku pesugihan, yakni pulau Seprapat, Pati, Jawa Tengah. Namun pulau kecil ini sampai sekarang tetap menyimpan misteri.
Anda ingin kaya mendadak? Tinggal tunggu saja wangsit turun lewat mimpi. Namun, wangsit pesugihan itu hanya akan turun ketika seseorang melakukan tirakatan di pulau Seprapat yang terletak di muara sungai Silungonggo, Pati, dan berada di pantai laut teluk Jawa. Aroma mistik sudah terasa ketika Anda memasuki pulau yang memliki luas hanya 110 X 65 meter itu. Selain pepohonan, di pulau tersebut orang dapat menemukan makam tua yang bertuah.

Menguak Pesugihan Babi Ngepet

Jaman secanggih sekarang, namun fenomena pesugihan babi ngepet pun masih ada dan berkembang di masyarakat.Babi ngepet adalah mahluk dalam legenda masyarakat Indonesia yang bercerita tentang siluman babi. Beberapa mitos menceritakan tentang babi ngepet yang merupakan orang yang ingin kaya dengan cara mengambil pesugihan babi. Saat akan "beraksi", si tuan harus mengenakan jubah hitam untuk menutupi tubuhnya. Dan nanti, secara ajaib, si tuan akan berubah menjadi babi. Orang yang satu lagi harus menjag lilin agar tidak goyang apinya. Apabila api lilin sudah mulai goyang, artinya orang yang menjadi babi itu mulai dalam bahaya. Tugas si penjaga lilin adalah mematikan lilinnya agar si babi dapat berubah kembali menjadi manusia biasa. Babi ngepet biasanya mengambil uang dengan cara menggesek-gesekkan tubuhnya di pintu lemari, dsb.
Babi ngepet, adalah salah satu bentuk pesugihan yang paling kita kenal. Pesugihan ini membuat pemiliknya berubah wujud menjadi bentuk binatang, paling sering mengambil wujud binatang babi. Pesugihan ini harus dilakukan oleh dua orang, biasanya suami istri. Karena dalam prosesnya pesugihan babi ngepet memerlukan penjaga api kehidupan, api inilah yang menggambarkan orang yang melakukan aksi pesugihan. Kalau kondisi aman maka api akan tenang tapi apabila kondisinya berbahaya maka api akan bergerak-gerak seperti ditiup angin, kalau hal ini terjadi api harus segera dipadamkan supaya sang pelaku bisa selamat.

Mitos Pesugihan Gunung Kawi

Mitos Pesugihan Gunung Kawi memang dikenal sebagai tempat untuk mencari kekayaan (pesugihan). Konon, barang siapa melakukan ritual dengan rasa kepasrahan dan pengharapan yang tinggi maka akan terkabul permintaanya, terutama menyangkut tentang kekayaan.

Mitos ini diyakini banyak orang, terutama oleh mereka yang sudah merasakan "berkah" berziarah ke Gunung Kawi. Namun bagi kalangan rasionalis-positivis, hal ini merupakan isapan jempol belaka.

Mitos dalam bahasa sehari-hari diartikan sebagai cerita bohong, kepalsuan, dan hal-hal yang berbau dongeng (tahayul). Dalam bahasa Inggris, myth yang mengadopsi bahasa Latin mythus berarti penuturan khayali belaka. Antropolog memandang mitos sebagai sesuatu yang diperlukan manusia untuk menjelaskan alam lingkungan di sekitarnya, dan juga sejarah
masa lampaunya.


Dalam hal ini, mitos dianggap sebagai semacam pelukisan atas kenyataan dalam bentuk yang disederhanakan sehingga dipahami oleh awam (Ruslani, 2006: 5). Namun mitos, bagi kalangan penganut strukturalisme-fungsional juga dianggap penting karena berfungsi sebagai penyedia rasa makna hidup yang membuat orang yang bersangkutan tidak menjadi sia-sia hidupnya. Perasaan bahwa hidup ini berguna dan bertujuan lebih tinggi daripada pengalaman keseharian merupakan unsur penting dalam kebahagiaan.

Menguak Pesugihan Gunung Kemukus

Gunung Kemukus, Sragen, Jawa Tengah. Kawasan itu dikenal bukan karena keindahan alamnya. Ratusan bahkan ribuan dari berbagai kota datang ke sana hanya untuk berziarah dan ritual pesugihan. Pelaksanaan ritual sebenarnya bisa dilaksanakan setiap hari. Namun, terdapat hari-hari tertentu yang dipercaya membawa berkah tersendiri. Misalnya, saat malam Jumat Pon dan malam Satu Suro.

Lokasi utama yang dituju para peziarah adalah makam Pangeran Samudro dan para pengawalnya. Konon, Pangeran Samudro adalah seorang pangeran dari Kerajaan Majapahit. Tapi ada pula yang menyebut dia dari zaman Pajang. Dia jatuh cinta kepada ibu tirinya, Dewi Ontrowulan. Ayahnya yang mengetahui hubungan anak-ibu itu menjadi murka. Pangeran Samudro lantas diusir. Dalam kenastapaannya, dia mencoba melupakan kesedihannya dengan melanglang buana. Akhirnya ia sampai ke Gunung Kemukus.
Tak lama kemudian, sang ibu menyusul anaknya ke Gunung Kemukus untuk melepaskan kerinduan. Namun nahas, sebelum sempat berhubungan badan, penduduk sekitar memergokinya. Keduanya dirajam beramai-ramai hingga akhirnya tewas. Keduanya kemudian dikuburkan dalam satu liang lahat di gunung itu. Tapi menurut cerita, sebelum menghembuskan napasnya yang terakhir Pangeran Samudro sempat meninggalkan sebuah pesan. Ia berujar,"siapa saja yang dapat melanjutkan hubungan suami-istrinya yang tidak sempat terlaksana itu akan terkabul semua permintaannya".

Menguak Misteri Gua Susuh Angin

Pesugihan banyak diburu oleh orang dengan lantaran mengalami permasalahan hidup yang begitu rumit dan seakan semua jalan menjadi buntu. Banyak orang susah menjadi semakin susah karena salah menempuh jalan mengambil pesugihan, tertipu dukun palsu, tertipu sindikat makelar pesugihan, sudah jatuh tertimpa tangga, hidup segan mati merugi sebab beban hidup begitu berat. Jika mau mati bukan bunuh diri solusinya, mati dengan meninggalkan harta benda dan keluarga damai sejahtera tentu itu yang menjadi kebahagiaan anda. Tak heran sejak tahun 2010 ada salah satu tempat pesugihan yang hingga saat ini masih banyak didatangi orang guna menemukan solusi yang tepat bab pesugihan, sebab kuncennya selain juru kunci beliau juga pakar bab ilmu kasepuhan kejawen terutama bab pesugihan hingga akhirnya tahun 2015 kemarin mengeluarkan maha karyanya Primbon Pesugihan. Inilah sedikit informasi terkait Menguak Misteri Pesugihan Gua Susuh Angin.

Menguak Misteri Pesugihan

Pesugihan tanpa resiko apapun, tanpa tumbal, tidak mengambil rezeki anak cucu, tanpa melakukan ritual apapun…anda akan kaya-raya dengan memanfaatkan kesaktian pesugihan ini. Mahar sekian…mas kawin sekian… tidak melanggar ajaran agama, dll…
Hanya orang GOBLOK saja yang mau mempercayai kebohongan besar seperti itu! Tapi gilanya, ternyata memang banyak orang goblok di Indonesia tercinta ini. Mau bukti? Lihat saja iklan-iklan paranormal yang menjamur di berbagai media massa. Mulai dari iklan uang balik, bank gaib, melipat gandakan uang, menambah uang di ATM, pesugihan bermacam-macam jenis, dll. Semua menjanjikan anda kaya raya tanpa resiko… Kalau tidak banyak orang yang berhasil mereka bodoh-bodohi, mana mungkin iklan mereka terus menerus terbit.
Mau kaya-raya uang banyak tapi tidak mau bekerja, mau kaya-raya tapi tidak mau menanggung resiko….mana mungkin!?! Kami beritahu anda, kaya-raya tanpa harus bekerja apapun itu memang ada, tetapi tanpa resiko? itu BOHONG BESAR!

Misteri Pesugihan Buto Ijo

Jenis makhluk halus ini biasa dimintai bantuan oleh para dukun dan paranormal untuk mempercepat mendatangkan uang dan kekayaan materi dengan hebat.
Saat kita bernegosiasi bisnis, mereka akan menggedor hati lawan bisnis untuk menyerahkan pada kita. Saat kita berjualan rumah, mobil dst mereka akan membantu kita mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. Saat kita berjualan, maka pembeli akan dirayu buto ijo untuk membeli di di tempat kita. Tidak ke tempat penjual lain. Buto ijo bisa Anda temukan di bank-bank. Buto ijo adalah satpam gaib yang setia menunggui lembaga keuangan agar terbebas dari pencurian tuyul.
Namun sayangnya sebagaimana yang terjadi saat kita bermufakat dan meminta sesuatu dengan jenis makhluk halus apapun maka mereka akan minta tumbal atau imbalan baik yang ringan maupun yang berat. Begitu juga dengan buto ijo, apabila kita sudah meminta bantuan maka mereka akan meminta imbalan baik berupa sesajen atau nyawa. Ya, di alam gaib pun tidak ada sesuatu yang gratis. Mereka akan bertransaksi dengan kita. Persis dunia bisnis era sekarang.

Misteri Ritual Pesugihan Tuyul

Jenis makhluk halus anak-anak ini bisa di minta untuk mencari atau lebih pasnya mencuri uang. Bila Anda mencari dan mampu memeliharanya, Anda tidak usah repot repot bekerja siang dan malam. Cukup menyediakan semua keperluan si tuyul, uang pun mengalir lancar.

“Ketika KKN berjalan 1 minggu di tahun 1994 di daerah Panceng, Gresik, saya terpesona dengan adanya satu gunung yang berkesan angker, dan itu tampak dari kejauhan. Karena penasaran, pada minggu ke 3 (dari jadwal 8 minggu), saya mengiyakan ajakan teman untuk bermain-main di gunung tersebut, dan ternyata memang benar dugaan saya, banyak aura mistis yang mengitari gunung tersebut, yang paling menarik adalah adanya kerajaan tuyul, mencari tuyul amat mudah di sini..…”

Itu adalah pengalaman seseorang yang kebetulan memiliki indera keenam yang menceriterakan adanya tempat berkumpulnya tuyul di sebuah perbukitan Surowiti, Desa Surowiti, Kecamatan. Panceng, Kabupaten Gresik atau sekitar 15 kilometer dari wisata tanjung kodok, Lamongan, Jawa Timur.

Ritual Sate Gagak Memanggil Genderuwo

Genderuwo adalah salah satu mahluk halus yang cukup terkenal dan hanya ada di Indonesia khususnya di pulau jawa. Hingga saat ini belum ada negara lain yang mengklaim genderuwo adalah khazanah kepunyaan negara selain Indonesia.

Genderuwo adalah sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia mirip kera yang bertubuh besar dan kekar dengan warna kulit hitam kemerahan, tubuhnya ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwo terutama dikenal dalam masyarakat di Pulau Jawa (orang Sunda menyebutnya "gandaruwo" dan orang Jawa menyebutnya "gendruwo").

Habitat hunian kegemarannya adalah batu berair, bangunan tua, pohon besar yang teduh atau sudut-sudut yang lembab sepi dan gelap. Pusat domisili makhluk ini dipercaya berada di kawasan hutan lainnya yang ada di jawa ini.
 
Copyright 2010 Indo Pesugihan